Loading...

Sertifikasi Operator Radio

Untuk mendapatkan sertifikat operator :

  1. Seseorang harus mengikuti pendidikan dan pelatihan pada lembaga yang telah mendapatkan rekomendasi dari Ditjen SDPPI untuk menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan Radio Elektronika dan Operator Radio (REOR).
    Dengan mengikuti pendidikan dan latihan REOR, maka setelah selesai akan diberi Sertifikat Ketrampilan (ROC, GOC, SRE-II, SRE-I, GMDSS) atau Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Latihan/STTPL (ROC, GOC, SRE-II, SRE-I, GMDSS) dari Lembaga Penyelenggara Pendidikan dan Latihan REOR. Lembaga penyelenggara pendidikan dan latihan, mengusulkan dan mendaftarkan ke Ditjen Postel untuk mengadakan Ujian Negara dengan melampirkan Sertifikat Ketrampilan atau STTPL dimaksud.
  2. Direktorat Jenderal SDPPI menerima Pendaftaran Ujian yang diusulkan oleh lembaga penyelenggara pendidikan dan latihan REOR.
    Ujian Negara REOR dilaksanakan sesuai dengan kategori sertifikat operator.

Bagi peserta ujian negara REOR yang dinyatakan lulus, maka yang bersangkutan disumpah oleh pejabat dari Direktorat Jenderal SDPPI dan diberi sertifikat operator sesuai dengan kategori yang dipilih, sehingga berhak untuk melakukan pekerjaan operator di kapal yang berlayar di area A1, atau A1, A2, A3, dan A4 dengan dilengkapi perangkat GMDSS sesuai dengan kategori sertifikatnya.


Contact

Telephone
159
Fax
021 3000 3111

Success!

Your Comment has been send to REOR

PENGUMUMAN

Pengajuan perpanjangan Sertifikat dan Penerbitan kembali sertifikat karena hilang / rusak sudah melalui online & pembayaran sistem via HOST-TO-HOST untuk panduan pengajuan sertifikat silakan klik tombol dibawah ini
(Submission for Radio Operator Certification Revalidation and Reprint due to loss or damage (ROC,GOC, 2nd-Class REC,1st-Class REC) is now via online system & host-to-host payment gateway. For submission guidelines please click the button below.) :